Peringatan G30S PKI - 30 September 2023

Minasan, Konichiwa.

Gerakan 30 September merupakan salah satu peristiwa kelam dalam sejarah bangsa Indonesia. Peristiwa ini terjadi 58 tahun yang lalu, tepatnya pada 30 September 1965.

Mengutip detikEdu, G30S PKI terjadi pada dini hari tanggal 30 September dan masuk 1 Oktober 1965.

Pemberontakan ini dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) di bawah pimpinan DN Aidit. Pada peristiwa tersebut 6 orang Jenderal diculik dan dibunuh. 3 orang langsung dibunuh di kediamannya, sementara lainnya diculik dan dibuang ke Sumur Lubang Buaya.

Untuk memperingati Peristiwa G30S/PKI, diperintahkan untuk memasang Bendera Indonesia setengah tiang sebagai wujud penghormatan atas peristiwa tersebut dan Pahlawan Revolusi yang berkorban demi Bangsa dan Negara Indonesia. Adapun Nama Pahlawan yang dijuluki Pahlawan Revolusi sebagai berikut:
-    Jenderal TNI Anumerta Ahmad Yani
-    Letnan Jenderal TNI Anumerta S. Parman
-    Letnan Jenderal TNI Anumerta MT. Haryono
-    Letnan Jenderal TNI Anumerta R. Suprapto
-    Mayor Jenderal Anumerta D.I.Panjaitan
-    Mayor Jenderal Anumerta Sutoyo Siswomiharjo
-    Kapten Czi Anumerta Pierre Tendean
-    Brigadir Jenderal TNI Anumerta Katamso Dharmokusumo
-    Kolonel Inf Anumerta R. Sugiyono Mangunwiyoto
-    AIP Karel Satsuit Tubun

Tujuan dari pemberontakan ini adalah untuk menggulingkan pemerintah era Soekarno dan mengganti negara Indonesia menjadi negara komunis.

Hingga kini, peristiwa G30S PKI selalu diperingati untuk mengenang para korban, atau yang disebut sebagai pahlawan revolusi. Biasa, hari bersejarah ini diperingati dengan pemutaran film G30S PKI untuk mengenang dan menunjukkan kepada generasi muda akan peristiwa pahit tersebut.