Kanji Tahun 2022

Minasan, Konichiwa

Menjelang akhir tahun, di Jepang diadakan pemilihan kanji tahunan yang merepresentasikan situasi selama tahun tersebut. Kemarin, di Kyoto, telah diumumkan kanji ? (baca: sen; arti perang, berjuang, perjuangan) sebagai kanji tahun 2022. Pengumuman kanji tersebut ditandai dengan penulisan kaligrafi kanji ini di Kiyomizudera. ?

Sebanyak 10.804 pemilih telah memilih kanji ? dari total 223.000 voting yang diterima. Menurut pihak penyelenggara, beberapa alasan tentang pemilihan kanji ?, di antaranya selain karena invasi Russia ke Ukraina, penurunan nilai tukar yen serta meningkatnya harga barang-barang juga menjadi pemicu mereka memilih kanji ini, karena bermakna "berjuang" untuk menyesuaikan diri dengan standar hidup saat ini dan menghadapi wabah corona.?

Namun tidak sedikit pula yang memilih kanji ? sebagai arti yang lebih positif, yaitu bermakna semangat juang para atlet Jepang di pertandingan internasional, diantaranya adalah tim Samurai Blue yang mengalahkan Jerman dan Spanyol pada Piala Dunia 2022 serta kiprah para atlet pada Olimpiade Musim Dingin di Beijing juga menjadi latar belakang pemilihan kanji ?. ????

Ini adalah kali kedua ? sebagai terpilih sebagai kanji tahunan, setelah sebelumnya terpilih sebagai “Kanji Tahunan” pada tahun 2001 silam.