Kongres SEAMEO 2021

Program Kegiatan:

Kongres SEAMEO pada tahun 2021 merupakan ajang pertemuan untuk Pendidikan, Sains dan Budaya di Asia Tenggara, yang diselenggarakan oleh Organisasi Menteri Pendidikan Asia Tenggara (SEAMEO) bersama dengan Kementerian Pendidikan Thailand memfasilitasi berbagai praktisi pendidikan dan pemangku kepentingan yang mewakili pemerintah Negara Anggota SEAMEO serta lembaga pendidikan publik dan swasta. Acara Kongres ini diagendakan pada 28-29 April 2021. Kongres SEAMEO 2021 menyediakan mimbar secara virtual bagi pembuat kebijakan, guru, peneliti, dan pendidik untuk bertukar kebijakan yang efektif, pengalaman mengajar yang bermanfaat, dan berbagi paradigma dan praktik pembelajaran baru di era digital. Gangguan pendidikan akibat pandemi COVID-19 telah mengantarkan ke zaman keemasan pembelajaran jarak jauh dan pilihan pembelajaran yang fleksibel yang “dipaksakan” akibat dari penutupan sekolah yang belum pernah terjadi sebelumnya di antara semua negara anggota. Bertukar perspektif tentang masalah global dan terkini yang memengaruhi Negara-negara Asia Tenggara adalah ajang terbaik untuk mempelajari dan membangun konsensus regional tentang bagaimana transformasi Pendidikan, Sains dan Budaya dapat secara efektif berkontribusi terhadap promosi pembangunan manusia di komunitas, negara, dan di tingkat regional.

 

Kongres SEAMEO 2021 memiliki tiga tujuan utama:

  1. Menyediakan platform untuk percakapan tentang inovasi, terobosan dan praktik terbaik dalam Pendidikan, Sains dan Budaya untuk mencapai SDG4 2030;
  2. Untuk memeriksa platform pembangunan berkelanjutan, jaringan dan kolaborasi strategis di antara para pelaku pendidikan dan pemangku kepentingan di Asia Tenggara dan sekitarnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan memastikan akses yang lebih luas dan relevansi pendidikan di kawasan; dan
  3. Untuk membangun konsensus yang mencerminkan dan mewujudkan program pendidikan transformatif dan rencana aksi menuju pengembangan sinergi kekuatan, strategi dan standar yang dinamis yang mengarah pada penerapan paradigma pembelajaran yang lebih inklusif dan inovatif serta kebijakan pendidikan untuk memenuhi standar global.

 

Luaran Kongres SEAMEO 2021

  1. Di akhir kongres, diharapkan akan ditetapkan rencana aksi regional untuk pilar pendidikan transformatif melalui percakapan dan diskusi ekstensif antara mitra, rekan penyelenggara, narasumber, pakar, dan peserta.
  2. Kongres SEAMEO 2021 akan mendukung pemahaman bersama tentang bagaimana Negara Anggota dapat mengatasi lingkungan yang berubah cepat di kawasan ini, menyusun jalur umum untuk mencapai dan meningkatkan kualitas pembelajaran untuk generasi alfa yang menanggapi kebutuhan global dan akses yang lebih luas ke pendidikan , dengan tidak ada yang tertinggal seperti yang dibayangkan di bawah Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB.
  3. Diharapkan juga bahwa rencana aksi regional dari Kongres akan berkontribusi pada dekade baru Rencana Strategis SEAMEO (2021-2030) untuk kemajuan pendidikan yang inklusif dan adil dan mempersiapkan tenaga kerja berketerampilan tinggi di masa depan dan pelajar seumur hidup untuk semua oleh memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan hasil pembelajaran yang akan mempersiapkan guru dan peserta didik secara memadai untuk berkembang di masa depan Era Digital dan Kecerdasan Buatan (AI).

Target Peserta SEAMEO 2021:

Kami mengharapkan lebih dari 2.000 peserta dari Negara Asia Tenggara dan sekitarnya termasuk pembuat kebijakan, pemimpin pendidikan, guru, peneliti, pendidik dari sebelas (11) Negara Anggota SEAMEO, administrator dan pendidik dari organisasi pemerintah, lembaga pendidikan publik dan swasta, lembaga dan departemen serta moderator dan pembicara yang diundang di luar Negara-negara Asia Tenggara diharapkan untuk bergabung secara virtual dalam Kongres SEAMEO 2021.

 

Detail informasi:

Website: https://congress2021.seameo.org  

Free Registration: https://link.seameo.org/congressreg2021  

Email: congress2021@seameo.org