Aturan Keimigrasian terbaru Kedutaan Besar Jepang 2023

Minasan Konichiwa.

*Informasi terbaru mengenai larangan membawa produk daging dan olahannya, buah-buahan, rempah-rempah, biji-bijian serta sayur-sayuran ke Jepang*

Seiring dengan dibukanya kembali perbatasan luar negeri untuk masuk ke Jepang, maka arus warga negara asing yang masuk ke Jepang juga semakin meningkat, baik untuk tujan wisata atau hal lain.

Baru-baru ini Kementerian Pertanian, Kehutanan dan Perikanan Jepang membagikan informasi mengenai produk-produk apa saja yang diperbolehkan dan dilarang masuk ke Jepang.

Pada prinsipnya seluruh produk olahan daging, ayam, ikan tidak bisa dibawa masuk ke Jepang, begitu pula dengan sayur-sayuran, buah-buahan, rempah-rempah, biji-bijian, bibit tumbuhan, serta bunga potong. Harap perhatikan juga bahwa benda-benda di atas tidak diperkenankan dikirim dari luar negeri melalui pos atau paket antar negara.

Selain itu, Teman-teman juga dilarang membawa pakaian kerja, sepatu kerja, maupun sepatu boot bekas pakai dalam kondisi kotor untuk masuk Jepang. Lalu dalam kurun waktu satu minggu sebelum dan sesudah masuk Jepang, Teman-teman juga dilarang untuk bersentuhan dengan hewan ternak.

Apabila aturan ini dilanggar, akan ada sanksi berupa denda hingga penjara jika terbukti memasukkan benda-benda di atas secara ilegal dengan sengaja.

Secara ringkas, jika Teman-teman ingin membawa tumbuhan untuk masuk Jepang, maka Teman-teman harus:

1. Melakukan pemeriksaan apakah tumbuhan tersebut termasuk dalam daftar yang dilarang atau tidak. Jika tidak maka:

2. Lakukan cek apakah tumbuhan dimaksud memerlukan pemeriksaan impor atau harus melengkapi dokumen.

3. Apabila ternyata memerlukan pemeriksaan impor dan harus melengkapi dokumen, maka tumbuhan akan melalui karantina. Jika dinyatakan aman, maka produk dapat dibawa masuk ke Jepang.

Untuk pertanyaan lanjutan, sila kontak tautan berikut guna informasi lebih rinci:

https://www.maff.go.jp/aqs/languages/info.html (karantina hewan)

https://www.maff.go.jp/pps/j/information/language_top.html (karantina tumbuhan)

Mohon lakukan cek pra-keberangkatan guna mengetahui daftar mengenai produk serta aturan karantina maupun sertifikat yang diperlukan.

Keterangan foto tidak tersedia.