Digital Marketing Untuk Warga Desa Claket Menuju Desa Wisata Internasional

Minasan, Konichiwa.

Digital Marketing Untuk Warga Desa Claket Menuju Desa Wisata Internasional

 

         Pelatihan digital marketing merupakan salah satu wujud realisasi program dari pendanaan Hibah Matching Fund tahun 2022 oleh Kedaireka. Pada pelatihan ini, Pelaku UMKM Dan Kelompok Sadar Wisata di Desa Claket Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto diedukasi dengan mendatangkan narasumber dari praktisi IT yaitu Aidil Primasetya Armin, S.St., M.T. dan diikuti oleh karang taruna, pokdarwis, bumdes dan pemilik UMKM desa Claket. Pelaksanaan kegiatan ini pada hari Sabtu, Minggu tanggal 1,2 Oktober 2022 di balai desa Claket. Digital Marketing dikenalkan kepada warga desa claket bertujuan membantu warga desa membuat dan mengelola produk jualannya secara online pada market place seperti shopee, tokopedia, tiktok shop dll.

         Digital marketing adalah istilah umum untuk pemasaran barang atau jasa yang ditargetkan, terukur, dan interaktif dengan menggunakan teknologi digital. Istilah lain dari digital marketing adalah online marketing atau internet marketing. Digital marketing sebenarnya hampir mirip dengan pemasaran pada umumnya, namun yang membedakan adalah perangkat yang digunakan. Menurut Pak Aidil Primasetya Armin, S.St., M.T. kegiatan ini sangat bermanfaat terutama dalam pemasaran produk UMKM khas desa Claket secara online agar produknya dikenali banyak orang dari berbagai kalangan. Materi yang disampaikan mengenai apa itu digital marketing, contoh-contoh market place dan berbagai device yang dapat digunakan untuk mengakses market online. Tidak hanya pengenalan saja tetapi warga desa peserta pelatihan juga didampingi praktek secara langsung oleh pak Aidil. Selama pemberian materi berlangsung, peserta sangat antusias dan aktif dalam mengimplementasikan produk-produknya melalui etalase secara online.

         Bu Fitri, salah satu pemilik usaha kuliner di desa Claket menyatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan usahanya sehingga mudah dikenali oleh banyak orang secara umum. “Kedepannya program ini perlu ditindaklanjuti sebagai upaya pengembangan produk UMKM desa Claket,” imbuhnya. Pada akhir pelatihan digital marketing dilakukan evalusi dengan meninjau beberapa konten market place para peserta.